Cara mengatasi Blue Screen

Cara Mengatasi Blue Screen Dengan Mengamati Kode Eror

Cara mengatasi Blue Screen,Kode Blue Screen,penjelasan kode blue screen,memperbaiki komputer terkena blue screen

Cara Mengatasi Blue Screen- Blue Screen of Death (BSoD) atau STOP eror sering muncul karena terjadinya gangguan atau masalah yang mengakibatkan windows harus berhenti secara total. Masalah yang sering muncul karena adanya gangguan pada driver maupun hardware.

Cara Mengatasi Blue Screen dengan ciri-ciri layar berwarna biru dan ada tulisan kode:


A. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Kode atau pesan ini muncul akibat CPU mengalami kerusakan, overclock secara berlebihan dan power suply mengalami kerusakan atau daya yang kurang.

B. PEN_LIST_CORRUPT
Kode muncul akibat Random Acces Memory (RAM) mengalami kerusakan.

C. BAD_POOL_CALLER
Kode ini muncul disebabkan oleh driver komputer yang tidak support atau kompatibel. Sering muncul ketika ingin upgrade windows tapi tidak dari instalasi baru.

D. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kode ini muncul ketika ada kesalahan dalam instalasi driver video card pada komputer yang kurang sempurna.

E. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Kode ini disebabkan biasanya karena ada kesalahan dalam penempatan jumper, driver IDE controller yang salah, virus boot sector.

F. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Kode ini muncul ketika ada kerusakan pada komputer seperti hardware termasuk memory di procesor, video card atau memory utama.

G. DATA_BUS_ERROR
Kode eror ini muncul biasanya diakibatkan karena slot pada memory rusak atau memory itu sendiri.

H. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Jika menemukan pada blue screen kode seperti ini ada beberapa kemungkinan. Terjadinya korup pada BIOS, Komponen komputer yang mengalami panas berlebihan, Overclock melebihi batas.

I. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pada kode ini muncul mungkin sudah memberikan penjelasan sedikit kerusakan ada pada file system/partisi tapi ingat bukan pada hardisknya. Kalian bisa cek terlebih dahulu kabel IDE atau SATA dan bisa juga menggunakan tool chkdsk.

J. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan kode eror yang sering muncul ketika mengalami blue screen. Biasanya muncul akibat kesalahan/tidak cocoknya driver komputer yang terinstal pada komputer. Seperti masalah pada VGA card yang dioverclock berlebihan atau menganti dengan yang baru lalu lupa untuk menghapus driver lama pada komputer, masalah pada sound card juga bisa salah konfigurasi atau ada bug pada driver sound card.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer


blue screenMemang sangat menggangu jika lagi melakukan tugas, tiba-tiba terjadi blue screen. Berikut ini cara mengatasi blue screen:

1. Cek Komputer

Langkah pertama cara mengatasi blue screen ada baiknya lihat keadaan komputer dengan baik, pastikan suhu setiap komponen pada batas normal dan kipas berjalan dengan baik seperti VGA Card, procesor heatsink. Jangan lupa perhatikan semua hardware sudah terpasang dengan baik tidak ada yang longgar, cacat apalagi terlepas seperti RAM, kabel iDE/Sata, konektor pada power supply. Memastikannya bisa dengan mencabut lalu memasangnya kembali agar lebih yakin. Cara mengatasi blue screen selanjutnya.

2. Lihat Kode Eror Blue Screen

Perhatikan baik-baik kode yang muncul ketika komputer akan restart, jangan sampai salah ambil keputusan bisa jadi membuat makin menambah kerusakan. Cara mengatasi blue screen berikutnya.

3. Instal Ulang/Repair Windows

Mungkin kerusakan akbat blue screen terlihat parah, tapi sebenarnya sesuatu yang simpel, bisa jadi dikarenakan windows mengalami korup akibat ulah virus yang semakin menggila. Mengatasinya kalian dapat dengan repair windows jika tak ingin data yang ada pada local disk anda terhapus.

4. Merenung

Jika cara di atas tidak ada berhasil coba ingat kembali apa saja yang telah kalian lakukan mengakibatkan itu terjadi, seperti install driver gagal, update driver dll. Jadi ingat secara detail sebelum kerusakan terjadi baru bisa mencari cara mengatasi blue screen.

Sekian itulah cara mengatasi blue screen dan penyebabnya, semoga dapat bermanfaat dan komputer kesayangan kalian bisa kembali pulih.

Baca Juga
Kelebihan, Kekurangan dan Pengertian LAN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengatasi Blue Screen"

Post a Comment