Pengertian dan Jenis Hardisk

Pengertian dan Jenis Hardisk Lengkap


Pengertian Hardisk dan Jenisnya- Hardisk adalah perangkat keras, salah satu peripheral komputer yang berfungsi sebagai penyimpan data permanen, juga sebagai tempat menyimmpan data-data pribadi seperti video, tulisan, tugas dll. Jika rusak akan mengakibatkan komputer tidak bisa digunakan semestinya karena di dalamnya juga tersimpan sistem operasi.

Jenis-jenis Hardisk

Ada dua jenis hardisk yang beredar di pasaran yaitu hardisk internal dan external, mungkin sebagian orang masih bingung apa sih bedanya? Sekilas mungkin fungsinya hampir sama sebagai alat penyimpan data tapi ada perbedaan yang menonjol. Ya seperti orang kembar maupun mereka serupa pasti ada sesuatu yang berbeda tak mungkin sama.

1. Hardisk Internal

Tidak bisa di bawa kemana-mana harus terpasang ke motherboard komputer dan power supply karena membutuhkan tegangan, jadi ribet jika ingin berbagi file menggunakan hardisk internal, harus membongkar dan memastikan komputer dalam keadaan mati dulu, tidak bisa langsung cabut, akan menimbulkan kerusakan.

Hardisk internal memiliki dua sambungan motherboard yaitu:

-IDE : Ciri-ciri dari kabel ini lebar dan harus setting sambungan pada jumper di belakangnya jika inging dua sambungan untuk optical drive juga diaktifkan jado lebih ribet, tidak bisa langsung pasang gunakan, biasanya komputer model lama yang menggunakan ini.

-SATA: ciri-ciri memiliki kabel lebih ramping jadi tidak memakan tempat dan hampir semua komputer terbatu menggunakan ini. Tidak harus setting jumper seperti hardisk yang masih menggunakan kabel IDE, kelemahan dari SATA ini hanya boros kabel karena satu peripheral satu kabel dan mudah longgar, tidak sekencang kabel IDE.

2. Hardisk External

Kalau dari segi ukuran hampir sama, hanya dibalut dengan casing yang lebih bagus jika dibawa-bawa, fungsinya sama seperti flashdisk untuk menyimpan data yang membedakan hanyalah ukuran dan kapasitas penyimpanan saja lebih besar. Hardisk eksternal juga tidak memerlukan tegangan seperti hardisk internal yang harus disambungkan ke power supply. Untuk menyambungkan ke komputer hanya menggunakan kabel USB biasa.

Oke, sekian itulah pengertian sekilas mengenai pengertian dan jenis hardisk, semoga bermanfaat.

Baca JugaTutorial Cara Install Ulang Windows XP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Jenis Hardisk"

Post a Comment