Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Mengenal Lebih Dekat Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Mengenal Lebih Dekat Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron
Komunikasi Daring atau bisa dibilang juga Komunikasi dalam jaringan merupakan komunikasi yang memakai jaringan internet sebagai perantara.


1. Daring Sinkron (Langsung)

Sinkron adalah komunikasi yang menggunakan laptop/komputer sebagai media untuk mengirimkan secara serempak dengan waktu nyata (real time) dan sama-sama terhubung pada jaringan internet. Contoh dari Daring Sinkron sebagai berikut:

- Text Chat: Whatshap, Yahoo Messenger, Line, BBM, WeChatt dll

Merupakan sebuah aplikasi, program atau sejenisnya yang terhubung dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara langsung ketika sama-sama sewaktu bersamaan terhubung internet.

Komunikasi text ini kamu bisa mengirimkan pesan singkat/text kepada orang yang sedang daring, lalu orang yang kamu kirimkan itu membalasnya, begitulah seterusnya dan itu disebut Text Chatting

- Video Chat: Video Call, Facebook, Skycape
Sebenarnya tidak beda jauh dengan Text Chat hanya pada Video Chat menggunakan video tatap muka jadi bisa melihat satu sama lain dengan terhubung pada jaringan internet.


2. Daring Asinkron (Tidak Langsung)

Asinkron adalah komunikasi yang menggunakan media komputer/laptop dilakukan secara tertunda. Contoh dari daring asinkron adalah:

- Email dan Website Forum 
Jadi seperti contohnya email kamu mengirimkan surel tetapi tidak bisa terbalas secara cepat tergantung dari orang yang menerimnya. 


Sekian artikel kali ini mengenai Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron"