Cara Ampuh Mencegah Virus Komputer

cara mencegah virus masuk ke komputer

Kali ini saya akan berbagi cara mematikan autoplay dan autorun di windows 7 mungkin ada yang berfikir apa sih manfaatnya? Fungsinya bisa mencegah virus masuk ke komputer atau laptop kesayangan kalian yang terbawa dari luar seperti flashdisk, kaset dll. Autorun adalah settingan dari windows entah itu 7 atau XP akan berjalan/aktif secara otomatis jika di pasang flashdisk atau hardware external jika fitur ini tidak dimatikan, nah berjalan secara otomatis inilah yang bisa menimbulkan tersebarnya virus pada komputer anda dari hardware yang tertancap.
Jika kalian masih bingung seperti apa? Coba saja pasang flashdisk atau kaset, nanti akan muncul kotak yang memiliki pilihan untuk masuk ke explore, windows media player, image viewer dll. Mengikuti isinya.

Jadi sebaiknya mematikan autoplay dan autorun di windows 7 anda, untuk mengantisipasi pencegahan virus, banyak pepatah berkata lebih baik mencegah dari pada mengobati atau sedia payung sebelum hujan. Karena pastilah flashdisk seringkali pasang cabut dari komputer anda dan tak sempat scan dahulu. Berpindah dari satu komputer ke komputer lain yang tak tau di sana sudah terinfeksi apa saja.

Nah, dari pada menyesal nantinya, berujung install ulang lagi, maupun gampang tapi malesnya itu, harus instal ini dan itu lagi.
Oke, ini akan ada langkah-langkah cara mematikan autoplay dan autorun di windows 7 dengan mudah, jika kalian mengikutinya dengan benar.

1. Buka RUN jika lebih mudahnya tinggal pencet windows+R akan muncul kotak seperti di bawah ini
cara mencegah virus masuk ke komputer

2. Kalau sudah keluar kotak masukan perintah “gpedit.msc” tanpa tanda petik lalu tekan ok, nanti akan muncul kotak baru seperti di bawah ini

mematikan autoplay pada windows 7

3. Jika kalian sudah masuk kotak “Local group policy editor” seperti gambar di atas berarti benar langkahnya sesuai
cara mematikan autorun dan autoplay di windows

4. Pada bagian kanan kalian pilih “Computer Configuration” seperti ini
cara mencegah virus

5. Pilih lagi “Windows Components”
mematikan autoplay

6. Kemudian pada “AutoPlay Policies” klik
mencegah virus masuk ke komputer

7. Inilah langkah terkhir akan muncul seperti di bawah ini “Turn off Autoplay”
mematikan autoplay

8. Pilih option “enable”
mencegah virus

Oke, itulah cara mematikan autoplay dan autorun di windows 7 dengan gampang yang berguna untuk mencegah virus, semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Kelebihan, Kekurangan dan Pengertian LAN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mencegah Virus Komputer"

Post a Comment