Jenis-Jenis OS Android (Lengkap)

Jenis-Jenis OS Android Terlengkap Dari Awal Sampai Sekarang 

Jenis-Jenis OS Android Terlengkap Dari Awal Sampai Sekarang

Jenis Jenis OS Android – Android pada awalnya dirilis pada tahun 2007 bulan oktober tanggal 5 yang merupakan sistem operasi dipergunakan untuk smartphone, tablet, telepone dll berbasis linux. Meupakan kerjasama dari dua perusahaan raksasa pembuat perangkat lunak yang digunakan pada smartphone yaitu Android Inc dan Google Inc.  Memang saat ini android semakin ngetren bahkan tidak hanya menyebar pada kalangan muda tapi hingga tua. Maka dari terlihat peluang besar untuk prangkat lunak ini, menjadikan terbentuknya Open Handset Alliance yang berisikan perusahaan besar seperti Nvdia, Motorola, Intel, Google dll. Yang terdiri 34 perusahaan bidang perangkat lunak.

Memang jika hanya menggunakan saja kurang afdol jika tidak mengetahui jenis-jenis OS Android. Bagaimana semakin penasaran langsung saja sima di bawah ini:

Jenis-Jenis OS Android


1. Android Versi 1.1

Awal dirilis pada tahun 9 Maret 2009 oleh perusahaan raksasa yaitu Google. Fitur yang dimiliki Androis versi 1.1 adalah pemberitahuan email, dapat mengirimkan pesan menggunakan gmail, voice search bisa mecari suara yang ini kamu cari, jam alarm menjadikan pengingat waktu ketika ada janjian dengan seseorang.

2. Android Versi 1.5 (Cup Cake)

Versi ini masih dirilis oleh Google Inc. pada pertengahan mei tahun 2009. Terdapat berbagai tambahan fitur pada android versi ini yaitu seperti kamu dapat bisa langsung uploud ke youtube, uploud foto-foto kamu langsung ke picasa tanpa perlu ribet dan paling kerennya dapat merekam atau memotret menggunakan modus yang ada pada kamera.

3. Android Versi 1.6 (Donut)

Pada versi ini memiliki berbagai perbaikan terutama penampilan ketika proces pencarian. Rilis pertama bulan september 2009. Fitur-fitur yang diberikan android donut juga semakin beraneka ragam salah satunya seperti galeri, menjadikan pengguna dengan leluasa memilih gambar untuk dilihat maupun dihapus.

4. Android Versi 2.0 dan 2.1 (Eclair)

Pertama kali rilis pada tanggal 3 desember 2009. Pada versi ini ada beberapa peningkatan untuk mengoptimalkan hardware, google map, bluetooth, kontak, dan android versi Eclair inilah yang merupakan sistem operasi pertama paling banyak penggunanya pada smartphone.

5. Android Versi 2.2 (Frozen Yogurt)

Awal rilis pada tanggal 20 Desember 2012. Pada android ini memiliki kecepatan akses lebih cepat dari pendahulunya bahkan bisa sampai 5 kali lipat. Terdapat berbagai fitur tambahan seperti adobe flash 10.1, memiliki kemampuan membuat wifi portabel, auto update dll.

6. Android Versi 2.3 (Gingerbread)

Rilis pertama pada tanggal 6 Desember 2010. Pada versi ini banyak peningkatan yang cukup signifikan seperti kemampuan untuk bermain game, fitur copy paste smartphone, format video yang semakin banyak dan kamera bisa lebih satu digunakan pada smartphone.

7. Android Versi 3.0 dan 3.1 (Honeycomb)

Versi ini rilis pada 2012. Honeycom ini digunakan untuk perangkat yang memiliki layar cukup besar seperti tablet. Memiliki fitur lebih baik dari pendahulunya seperti processor yang multicore dan grafis yang sudah acceleration. Memang android ini sudah didesain sebagian rupa untuk digunakan pada tablet.

8. Android Versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Versi ini secara resmi diluncurkan pada 10 Mei 2011.

9. Android Versi 4.1 (Jelly Bean)

Android jenis ini diluncurkan 10 Mei 2011

10. Android Versi 4.2 (Jelly Bean)

Pada versi ini memiliki beberapa penambahan fitur pada kamera seperti panorama dan dapat menjalankan beberapa user tapi hanya pada tablet. Pertama kali jenis android ini diperkenalkan oleh LG Google Nexus 4.

11. Android Versi 4.4 (Kitkat)

Pada versi ini memiliki berbagai perbaikan pada sistem penyimpanan sementara yang secara langsung akan tersimpan internal tersedia. Memiliki tampilan lebih elegan dari versi sebelumnya.

12. Android Versi 5.0 (Lollipop)

Versi ini termasuk terbaru, bahkan belum semua smartphone menggunakannya. Memiliki kelebihan dan pengembangan pada fitur keamanan, desain matarial, pemberitahuan, device sharing dan hemat baterai.

13. Android Versi 6.0 (Marshmallow)

Android satu ini merupakan versi terbaru yang dirilis pada 17 Agustus 2015 lalu. Sebelumnya sudah diperkenalkan oleh pihak google 26 Mei 2015.


Jadi bagaimana setelah tau jenis-jenis os android? Sekarang ingin menggunakan yang mana itu tergantung selera dan kemampuan smartphone kamu miliki, karena tidak bisa dipasangkan jika yang kamu miliki tidak support. Baiklah, semoga artikel kali ini mengenai jenis-jenis osandroid dapat bermanfaat dan tetaplah menjadi pengguna teknologi yang cerdas. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis OS Android (Lengkap) "

Post a Comment