Pengertian Software Komputer dan Jenisnya

Pengertian Software Komputer dan Jenisnya,berbagai jenis software,jenis-jenis software,manfaat software
Pengertian Software Komputer- Tidak mungkin komputer bisa bekerja tanpa software, dalam artikel kali saya akan membahas pengertian dan contohnya. Pengertian software komputer adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan atau menghubungkan komputer dengan penggunanya, agar bisa menjalankan perangkat keras bisa menghasilkan suatu data atau informasi.

Software memiliki berbagai fungsi salah satunya seperti control hardware, memproses data, idenfikasi data dan berbagai kegiatan lainnya tergantung software apa yang digunakan pada komputer itu. Karena namanya juga perangkat lunak pastilah tidak keras seperti hardware dan bentuknya tidak dapat dilihat secara fisik bahkan rasakan, itu merupakan cirikas software. Walaupun tidak bisa dipegang tapi dapat dijalankan dan operasikan tergantung fungsinya, berbeda-beda sesuai tujuan pembuat untuk apa software itu. Pengertian Software Komputer.

Jenis-Jenis Software

Setiap orang menciptkan software pastilah berbeda tujuannya, tapi semua itu dapat dibedakan menjadi beberapa seperti di bawah ini:

1. Malware

Memiliki arti perangkat perusak, yang asal mula dari kata malicious dan software. Perangkat lunak yang dibuat bertujuan untuk merusak atau menyusup sistem pada komputer. Perangkat lunak malware bisa dibedakan melalui fungsinya bukan ciri-ciri yang nampak. Mencakup beberapa seperti virus komputer, perangkat iklan(adware), kuda Troya(Trojan Horse), perangkat pengintai dan sebagainya yang bertujuan jahat, pastinya sesuatu tidak diinginkan.

Pengertian Software Komputer dan Jenisnya,berbagai jenis software,jenis-jenis software,manfaat software2. Open Source Software

Open source software adalah perangkat lunak yang terbuka dan bebas untuk di otak-atik, dikembangka, pelajari, sebar luaskan. Biasanya pengembangan dilakukan oleh komunistas-komunitas yang terbentuk demi pengembangan perangkat lunak itu, bekerja secara sukarela. Walaupun ada juga pegawai di suatu perusahaan dan disuruh membantu pengembangan. Biasanya mereka mebagikannya secara gratis tetapi tetap saja dalam pengembangannya memiliki etika. Seperti Ubuntu, Debian dll.

3. Free Software

Free software adalah perangkat lunak yang bebeas digunakan, dikembangkan, ubah dan salin. Bebas di sini memiliki arti kita bisa menggunakannya sesuka hati dan dapat dugunakan sesuka hati oleh pengguna-pengguna lainnya tanpa perlu ijin kepada siapapun. Jadi benar-benar bebas.

4. Commersial Software

Commersial Software adalah Perangkat lunak yang biasanya dikembanggakan oleh suatu perusahaan dan memiliki tujuan komersial. Setiap orang yang ingin menggunakan software itu harus membelinya. Walaupun sudah membayar kita tidak boleh asal-asalan menyebarluaskan secara gratis. Seperti microsof office, windows 8, windows 7 dll.

Oke itulah artikel pengertian software komputer dan conto jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 
4 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Software Komputer dan Jenisnya"

  1. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete