Cara Memperbaiki RAM Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki RAM Yang Tidak Terbaca,membetulkan ram rusak,ram tidak mau terbaca,ram tidak dapat digunakan,ram rusak

Cara memperbaiki RAM- Memang RAM salah satu hardware komputer yang sangat vital, kalau sudah rusah membuat repot karena tidak dapat digunakan. Tapi kadang RAM yang tidak terbaca belum tentu karena rusak, sebelum memutuskan untuk beli baru pastikan dulu penyebabnya. Ingat kembali sebelum rusak apa yang telah terjadi. Bisa saja salah memasang atau memang sudah berumur dan harus segera ganti.

Tapi kali ini saya akan berbagi bagaimana cara memperbaiki RAM yang tidak terbaca oleh komputer. Jika kalian belum tau apa itu RAM bisa cek di artikel Fungsi dan Pengertian Ringkas RAM. Selama ini 3 masalah ini yang sering muncul.

1. RAM Kotor

Cara Memperbaiki RAM Yang Tidak Terbaca,membetulkan ram rusak,ram tidak mau terbaca,ram tidak dapat digunakan,ram rusak

Seiringnya waktu jika dalam CPU tidak rajin dibersihkan pastilah sangat kotor entah itu debu, sarang laba-laba bahkan pasir, entah dari mana datangnya tapi itu memang benar terjadi. Cara memperbaiki RAM dengan masalah ini cukup mudah, sediakan penghapus pensil, tidak usah mahal-mahal yang murah saja sama kog fungsinya. Kalian bersihkan kaki-kaki RAM dengan penghapus secara perlahan lalu coba pasang kembali. Jangan lupa bersihkan sekalian isi komputernya.

2. Salah Beli RAM

Setiap motherboard memiliki model yang berbeda-beda contohnya ada SDRAM, DDR1, DDR2, DDR3. Jadi tidak bisa asal pasang, pastikan yang kalian beli sesuai dengan spek dan kemampuan komputer, kalau dipaksa akan mengakibatkan kaki patah karena slot tidak sesuai.

3. Sudah Tua

Namanya juga benda buatan manusia pastilah ada batas waktunya, tidak mungkin bisa bertahan seumur hidup. Cobalah pinjam milik teman anda yang modelnya sama jika bisa berarti memang sudah saatnya untuk ganti.

Ciri-ciri RAM Rusak

- Komputer tidak booting

Gejala ini yang sering timbul jika RAM mengalami kerusakan atau tidak terbaca, hanya kipas berputar tapi tidak ada tampilan apapun di layar komputer, bisa memastikannya dengan mencabut semua RAM lalu menghidupkannya, jika ada suara “bip” beberapa kali berarti kemungkinan besar benar.

- Restart

Jika komputer kalian sering tiba-tiba restart secara otomatis, bisa jadi karena RAM sudah mulai lemah yang mengakibatkan tidak bisa bekerja dengan baik.

Oke, itulah cara memperbaiki RAM yang tidak terdeteksi oleh komputer, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 
4 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Memperbaiki RAM Yang Tidak Terbaca"