Contoh Hardware dan fungsinya lengkap

penjelasan hardware komputer

Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap- Hardware bisa diartikan menjadi perangkat keras yang dapat disentuh atau setidaknya ada wujudnya, merupakan bagian terpenting untuk menjalankan suatu komputer karena jika tidak ada bagaimana bisa digunakan? memang sekarang serba canggih bahkan teknologi sudah semakin pesat perkembangannya, tinggal sebentar saja yang kita miliki bisa jadi sudah ketinggalan jaman padahal beli baru beberapa bulan lalu. Tapi, itu bukan menjadi alasan untuk kamu tidak tau fungsi dan nama teknologi saat ini. Saat ini kami akan berbagi Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap. Pastinya akan membuat menambah pengetahuan mengenai komputer milik kamu dan tidak hanya asal pakai sekaligus bisa membuat tidak mudah tertipu oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan dari kamu ketika mengalami kerusakan. Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan fungsi Hardware dan beberapa contohnya:

1. UPS

ups hardware komputer dan penjelasannya

Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap yang pertama adalah fungsi UPS sebenarnya tidaklah terlalu penting tapi kadang ada kalanya sangat penting apalagi ketika listrik sering terjadi pemadaman karena mati tiba-tiba bisa membuat komputer kita menjadi rusak dan biasanya menyerang hardware. Jadi fungsi dari UPS adalah untuk menyediakan listrik cadangan ketika listrik mati.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap.

2. Monitor

hardware komputer gambar dan penjelasannya

Terdapat berbagai model monitor saat ini seperti LED, LCD, tabung dll. Sebenarnya semua fungsinya sama yaitu sebagai output yang menghasilkan gambaran dari komputer yang sedang disambungkan dengan monitor.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap berikutnya.

3. Sound Card

contoh hardware sound card

Ini merupakan hardware yang penting juga, walaupun tidak terpasang sebenarnya kinerja komputer tidaklah terganggu tapi bagi yang sering mendengarkan musik pastilah terganggu. Sound card ini berfungsi untuk menyambungkan ke speaker dan akan menghasilkan output berupa suara.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap selanjutnya.

4. Printer

hardware komputer lengkap

Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap ke empat adalah Printer berfungsi untuk output yang menghasilkan sebuat hasil cetak berupa tulisan, foto, gambar dan sejenisnya pada selembar kertas hvs atau kertas foto.

5. Mouse

penjelasan hardware

Mouse berfungsi untuk menggerakkan pointer yang berada di layar monitor dan merupakan input karena kita yang memberikan perintah dengan cara klik atau scrol.

6. Keyboard



Keyboard berfungsi untuk memasukan perintah dan mengetik yang nanti dikeluarkan atau diperlihat pada layar monitor. Jadi kamu bisa menuliskan dengan hardware satu ini  untuk mengerjakan tugas, bermain game dll.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap ke tujuh.

7. Stabilizer



Stabilizer berfungsi untuk menstabilkan listrik rumah yang biasanya sering naik turun tidak jelas, pernah pengalaman waktu itu usaha teman orang tua. Memiliki printer 10 dan tiba-tiba listrik turun dan mati semua rusak. Jadi maupun terlihat sepele tapi sangat bermanfaat untuk merawat hardware komputer kalian.

8. Hardisk



Hardisk berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dan daya tampungnya biasanya lebih besar dari pada media penyimpan lain seperti disket, DVD RW dan flashdisk. Biasanya ditaruh berada pada dalam CPU. Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap.

9. RAM (Random Acces Memory)



RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara. Merupakan hardware yang penting dan dapat mempengaruhi kinerja komputer.

10. Power Supply



Power Supply berfungsi sebagai penghantar listrik untuk komponen hardware yang berada di CPU membutuhkan tegangan listrik.

11. Processor


Merupakan otak dari komputer dan merupakan bagian paling penting karena bagian untuk mengelola intruksi yang diberikan ketika komputer menyala.

12. Kabel VGA



Kabel VGA berfungsi agar layar monitor bisa menerima hasil dari CPU.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap.

13. Fan



Fan berfungsi untuk mendinginkan komponen hardware entah untuk processor, yang berada dalam CPU.

14. Motherboard



Motherboard adalah berfungsi untuk memasang semua komponen seperti RAM, VGA, Processor dll. Merupakan komponen yang paling besar bentuknya dalam CPU.

15.Kabel data


Kabel data berfungsi untuk menyambungkan USB. Biasanya juga memperpanjang colokan jadi tidak perlu repot menengok kebawah untuk memasang.
  

16. Heatset



Heatset merupakan output sekaligus input karena bisa menghasilkan dua sekaligus, outputnya berupa suara berasal dari komputer dan inputnya berupa suara yang sewaktu berbicara. Merupakan alat untuk komunikasi juga, bisa untuk main game, webcame, dan nonton film.

17. Optical Drive



Mungkin orang mengenalnya CD ROM atau DVD ROM tapi bukan kaset itu ya, biasanya bebentuk kotak, merupakan hardware yang berfungsi untuk membaca CD, DVD tergantung optical drive apa kalian miliki. Bisa juga untuk menginstal, burning dll. Berkembangnya jaman sekarangpun juga terdapat optical drive external jadi bisa dibawa-bawa kemana saja hanya perlu disambungkan menggunakan USB.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap.

18. Joystick


Kadang modelnya berbeda-beda mayoritas bentuknya hampir menyerupai stick Playstation dan fungsinya sama seperti pada umumnya untuk bermain game bagi yang tidak terbiasa untuk maouse dan keyboard.


19. Flashdisk



Hampir sama fungsinya untuk media penyimpan permanen tapi ini bentuknya USB dan lebih simpel jika dibawa ke mana-mana apalagi mahasiswa. Kalau dulu ke mana-mana menggunakan disket sekarang tergantikan FD.

20. Webcam



Webcam ini berfungsi untuk mengambil gambar wajah kita ketika sedang chatting dengan orang lain jadi bisa saling bertatap muka atau bisa juga untuk menjadi tempat narsis karena kalian bisa berfoto menggunakan webcam.

21.  CD / DVD


Merupakan media penyimpanan permanen hampir sama fungsinya seperti hardisk hanya kapasitas yang berbeda dan membacanya hanya bisa menggunakan optical drive. Terdiri dari dua jenis ada ROM dan RW yang memiliki kegunaan berbeda. Jika ROM hanya bisa digunakan untuk burning sekali tapi kalau RW bisa berulang kali tapi tetap ada batasnya.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap.

22. CPU (Central Processing Unit)


CPU memiliki fungsi sebagai wadah yang di dalamnya terdapat RAM, Mobo, Optical drive dll. Yang merupakan komponen untuk mengatur atau memberikan intruksi aktivitas ada dalam komputer.


23. Speaker



Speaker berfungsi sebagai output yang menghasilkan sebuah suara.

24. Disket



Mungkin sebagian dari kalian sudah asing dengan barang ini, akupun juga karena terakhir menggunakan SD. Disket ini juga hanya memiliki daya penyimpanan yang sangat kecil dan kadang membuat menjengkelkan adalah tidak jarang suka tidak terbaca di komputer lain.  Contoh Hardware dan Fungsinya Lengkap,


Oke, itulah contoh hardware dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan jadilah pengguna teknologi yang cerdas dengan menggunakan sebaik mungkin sesuai fungsinya. Masih banyak lagi sebenarnya tapi itulah beberapa yang cukup familiar biasa dilihat. Terimakasih atas kunjungannya contoh hardware dan fungsinya lengkap. :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Contoh Hardware dan fungsinya lengkap"