Cara Mudah Membuat Jaringan LAN

Cara mudah membuat jaringan LAN full gambar tutorial

Dalam artikel ini aku akan berbagi cara membuat jaringan LAN (local Area Network) sekaligus mengkonfigurasi sesuai desain yang dibuat. Bagi yang belum tau apa itu LAN yaitu sebuah jaringan milik pribadi yang memiliki jangkauan tidak terlalu besar, jika besar sudah beda istilah lagi lebih lengkapnya buka saja artikel lainnya tapi pada saat ini kami akan membagikan cara membuat jaringan LAN. Kalian juga bisa bermain game secara offline tersambung antar komputer satu dengan yang lain tanpa harus sambungan internet, jadi lebih asik memang kadang kalau aku dulu sering bermain counter strike. Oke, cukup basa-basinya langsung saja praktek. Jangan sampai lupa berdoa agar diberi kemudahan hehehe. Langsung saya baca dengan cermat membuat jaringan LAN di bawah ini.

Lalu perlatan apa saja?


- RJ45                = Untuk di pasang di kabel UTP dan ke LAN card maupun onboard
- UTP                 = Kabel yang akan di pasang RJ45, sekaligus berguna untuk menyambungkan antar komputer.
- HUB/Switch    = Untuk menggabungkan dua buah Personal Compuer atau bahkan bisa lebih dalam sebuah jaringan.
Komputer         = Untuk test berhasil ataukah gagal.
Gambar desain = Untuk mempermudah yang akan di praktekan.

Oke, itu amunisi yang diperlukan untuk instalisasi cara membuat jaringan LAN (local area network) selanjutnya jika sudah semua barang diperlukan siap, letakkan di tempat menurut kamu paling nyaman dan tidak mengganggu nanti bahkan kebingungan mencari hanya akan menjadikan kacau semua. Baik langsung saja perhatikan urutan di bawah ini cara membuat jaringan LAN.

1. Siapkan alat dan bahan 


Alat dan bahan yang diperlukan dalam praktek kali ini sudah aku tuliskan di atas pastikan semua tersedia. Ingat jangan sampai salah ambil atau siapkan karena akan membuang-buang waktu kembali untuk mencari, disarankan untuk sudah siap semua, tapi jika tidak juga jangan dipaksa nanti menyesuaikan saja dengan kebutuhan.Lanjut cara membuat jaringan LAN berikutnya.


2. Desain Gambar


membuat jaringan LAN

Yang dimaksud dengan desain gambar adalah jaringan yang ingin dibuat seperti berapa komputer agar bisa lebih mudah. Contoh di atas ini.

3. Pasang kabel 

Ambil kabel yang sudah ada RJ45 dan pengkabelan harus straight. Jika sudah pasang ujung satu ke Lan Card maupun onboard, yang satunya ke HUB/switch, begitu pula komputer lain. Pastikan pasa step ke 3 ini jangan sampai ada kesalahan karena akan mengakibatkan membuat jaringan LAN menjadi gagal total.

4. Buat IP

Langkah selanjutnya adalah setting TCP/IP kalian dengan berurutan, contoh:

  • Komputer 1 = 192.168.1.1
  • Komputer 2 = 192.168.1.2

Jadi, perbedaan komputer satu dengan dua adalah IP pada host id nya bagian paling belakang dan harus berbeda yang sama hanya kelasnya.

Langkah setting IP untuk LAN seperti bawah ini

cara membuat jaringa LAN, tutorial lengkap, TKJ, setting IP

cara membuat jaringa LAN, tutorial lengkap, TKJ, setting IP

cara membuat jaringa LAN, tutorial lengkap, TKJ, setting IP


5. Cek koneksi

Jika sudah setting IP lalu cek dengan membuka cmd, dengan menggunakan perintah start->run->cmd lalu akan muncul kotak dialog berwarna hitam dan kalian menuliskan ping (IP tujuan). Jadi contoh misalkan milik kalian 192.168.1.1 maka kalian harus menuliskan ping 192.168.1.2

cara membuat jaringa LAN, tutorial lengkap, TKJ, setting IP, test koneksi


6. Hasil

Membuat jaringan LAN sudah selesai kalian bisa bermain game dengan sahabat kalian atau bahkan bisa juga satu desa, oh iya, tapi tidak semua juga karena lingkupnya juga terbatas dan membutuhkan kabel tidak pendek juga, pastinya memerlukan biaya lebih untuk membuatkan jika ingin satu desa tersambung semua dengan membuat jaringan LAN.  :D

Jadi begitul langkah demi langkah cara membuat instalisasi jaringan LAN (local area network). Terimakasih sudah berkunjung jangan kapok dan salam belajar. Semoga bermanfaat dan praktek atau kerjaan kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti. Sekian cara membuat jaringan LAN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Jaringan LAN"

Post a Comment